KLETEK-COMMUNITY Gunakanlah Google Chrome untuk Tampilan Maksimal Blog Ini , Thanks For Visit My Blog,Jangan Lupa Follow Blog Ini. Online Peoples


Home » » Cara Menulis Huruf Arab Di Windows

Cara Menulis Huruf Arab Di Windows

Cara Menulis Huruf Arab Di Windows. Huruf Arab seperti yang sudah diketahui khususnya bagi umat muslim merupakan jenis huruf yang dipakai dalam tulisan Al-Qur’an. Selain Al-Qur’an, Al-Hadits juga ditulis menggunakan huruf Arab. Untuk sekolah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ditekankan menulis dan membaca huruf Arab itu harus bisa. Apalagi sekolah yang Berbasis Pendidikan Agama Islam, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Perguruan Tinggi Islam maka diwajibkan siswa harus pandai dalam berbahasa Arab berikut pandai dalam menulisnya. Untuk mempermudah dalam penulisan huruf Arab atau untuk mempercepat dalam menyelesaikan tugas sekolah, kita bisa melengkapi komputer dengan fasilitas yang mendukung pengetikan huruf Arab. Caranya sangat mudah, kita tidak perlu menggunakan aplikasi pendukung lainnya. Cukup dengan cara merubah settingan komputer lingkungan Windows. Disini saya memberi contoh cara merubah setting komputer agar bisa menulis huruf Arab di lingkungan Windows 7. Sedangkan untuk Windows XP dan Windows Vista, kita harus menggunakan CD Windows jika memang bahasa yang kita pilih tidak tersedia.
Cara Menulis Huruf Arab Di Windows,
langkah pertama sebelum melakukan pengetikan kita meski merubah setinggan komputer. Caranya, silahkan klik Control Panel setelah jendela Control Panel terbuka pada opsi Clock, Language, and Region pilih atau klik Change keyboards or other input methods.
Setelah tab Keyboards and Languages terbuka selanjutnya pilih atau klik Change Keyboards…
Sekarang pilih atau klik Add… untuk menambah bahasa yang kita inginkan. Dan disini kita akan menambahkan bahasa Arab agar kita bisa menulis atau mengetik huruf Arab di Komputer.
Nah sekarang saatnya kita memilih bahasa yang akan kita gunakan untuk keperluan menulis atau mengetik. Untuk bisa menulis huruf Arab di Komputer, silahkan pilih opsi Arabic (Saudi Arabia) lalu pada bagian Keyboard ceklist/centang/tandai pada Arabic (101), Arabic (102), dan Arabic (102) AZERTY. Terakhir klik OK
Bereslah sudah merubah settingan Keyboard dan Language agar komputer kita khususnya pengguna Windows bisa menulis huruf Arab, mudah kan … ? Sekarang anda tinggal mencobanya, silahkan anda buka program pengolah kata yang sering anda gunakan. Disini saya memberi contoh dengan program pengolah kata yang sudah familiar Microsoft Office Word. Sebelum melanjutkan materi, saya ingatkan untuk menulis atau mengetik huruf di Komputer selain merubah setinggan Keyboard dan Language seperti yang sudah saya terangkan diatas, sebaiknya Keyboard yang anda gunakan untuk mengetik harus sudah tersedia huruf Hijaiyah/Arab. Sekarang banyak tersedia Keyboard yang sudah ada huruf Arab ….
Lanjut ke pembahasan … Setelah jendela Microsoft Office Word terbuka, karena menulis huruf Arab itu perataannya mulai dari arah kanan, maka pilih atau klik Right to-Left Text Direction maka otomatis kursor pengetikan akan berpindah ke sebelah kanan.
Lalu tekan Alt pada Keyborad tahan dan selanjutnya (Posisi Alt ditekan) tekan juga Shift pada Keyboard.
Monggo silahkan sekarang anda tinggal mencoba menulis / mengetik huruf Arab.
Demikian cara merubah setingan komputer agar bisa menulis huruf Arab di lingkungan Windows, khususnya Windows 7. Untuk jenis bahasa yang lain langkahnya sama persis seperti uraian diatas.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …





Like And Share :

1 komentar:

 
Support By : Google | Creating Website | Alexa
Copyright © 2012. Kletek Community - All Rights Reserved
Template Modify by Rahmat Lytavost